Cara Mengobati Kaki Cantengan Mudah dan Tidak Merasakan Sakit

Mengalami cantengan merupakan kondisi sakit di salah satu bagian ujung kuku. Dimana ada tumbuh kuku dari dalam daging jempol kuku. Mengobati kaki cantengan sebenarnya mudah di lakukan. Sebab gejala yang ditimbulkan juga tidak separah yang dibayangkan yaitu bengkak, kemerahan, dan nyeri.

Cara Mengobati Kaki Cantengan Mudah dan Tidak Merasakan Sakit

Jadi, bukan kondisi membahayakan apabila Anda tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya seperti diabetes. Tetapu, saat Anda mengalami cantengan, jangan salah jika kuku terasa nyeri. Hal tersebut disebabkan karena ada nanah yang tidak bisa keluar dan kuku yang tumbuh ke dalam daging.

Sebelum membahas cara mengobati kaki cantengan, Anda harus paham penyebab terjadinya masalah ini. Biasanya Anda salah dalam memotong kuku, sering mengenakan sepatu atau kaki yang sempit atau terlalu kecil, cedera kuku, memakai alas kaki yang basah, dan terserang infeksi jamur.

Lantas, bagaimana cara mengobatinya? Berikut tips mengobati tanpa merasakan nyeri. Dan selebihnya dapat di lakukan di rumah secara mandiri. Namun jika kondisi parah, Anda perlu menemui dokter spesialis kulit. Guna mendapatkan saran akan cara mengobati cantengan tersebut.

Tips mengobati kaki cantengan yang efektif 

Mengkonsumsi obat nyeri 

Bagi Anda yang tidak tahan akan rasa sakit, tips pertama mengobati kaki cantengan yang mudah di lakukan adalah meminum obat anti nyeri. Dengan begitu, rasa nyeri yang di picu akibat cantengan tersebut bisa reda dan Anda bisa merasakan istirahat yang nyenyak.

Selain itu, obat nyeri bisa Anda beli di apotik terdekat. Biasanya, obat yang paling ampuh untuk gejala cantengan adalah naproxen dan ibuprofen. Keduanya di percaya bisa meringankan rasa nyeri dan mengatasi pembengkakan pada area kuku.

Merendam kaki dengan air hangat 

Cara mengobati kaki cantengan selanjutnya dan bisa di lakukan di rumah adalah menggunakan air hangat. Cara ini berguna untuk menjaga kaki agar tidak terserang infeksi jamur. Anda bisa menambahkan air hangat tadi dengan garam agar penyakit di dalam bisa keluar.

Adapun caranya, siapkan baskom ukiran yang bisa kaki masuk dengan sempurna. Iisikan baskom tersebut dengan air hangat yang di perkirakan bisa merendam suam kuku. Jangan lupa untuk menambahkan garam Epsom dan rendam selama kurang lebih 15 menit an.

Merendam kaki dengan cuka apel

Selain merendam dengan air hangat dan campuran garam di atas, Anda bisa merendam kaki dengan cuka apel. Alasannya, banyak asumsi dan sudah terbukti benar bahwa cairan tersebut bisa efektif menyembuhkan cantengan. Dan mengobati kaki cantengan bisa di atasi dengan sekali rendaman saja.

Selain itu, air cuka di percaya sebagai antiseptic, anti peradangan, dan anti nyeri untuk masalah cantengan. Meski belum ada penelitian ilmiah tentang cara ini, tetapi banyak orang sudah membuktikan keampuhannya. Adapun caranya sama dengan menggunakan air hangat dan garam tadi.

Mengoleskan salep antibiotik

Salep adalah obat luar yang mudah di cari untuk mengobati kaki cantengan. Adapun salep yang di gunakan untuk bahan oles tetapi menggunakan resep dokter. Tetapi, jika Anda sebelumnya tidak ke dokter, Anda bisa datang ke apotek untuk menyatakan hal serupa.

Jadi, untuk mencegah infeksi kaki cantengan semakin parah dan nanah yang di hasilkan juga banyak. Maka lakukan cara ini setiap  hari selama 3 kali. Usahakan salep rata dengan bagian jempol yang terserang bengkak akibat cantengan tersebut.

Itulah tadi tips aman dan mudah untuk mengobati kaki cantengan. Semoga bermanfaat.

Di baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Hati

Tinggalkan komentar