Manfaat Brokoli untuk Jantung, Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sering di olah dan di konsumsi sehari-hari. Sayuran ini sering di tambahkan ke dalam hidangan sup sayur kuah gurih yang lezat. Selain itu, brokoli sering diolah menjadi masakan capcay untuk aneka tumisan.

Selain rasanya yang lezat, brokoli mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Brokoli di kenal kaya akan vitamin A, E dan C. Selain itu brokoli juga mengandung kalsium, seng, zat besi, fosfor, selenium dan antioksidan.

Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, beberapa kandungan tersebut juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya  kesehatan jantung. Khasiat brokoli yang menyehatkan jantung  membantu mengontrol  kolesterol dan gula darah, yang memengaruhi sistem kardiovaskular.

Manfaat brokoli untuk jantung juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung. Tak hanya itu, brokoli juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain yang tidak begitu penting. Jika kalian ingin memulai gaya hidup sehat, Anda bisa memasukkan berbagai menu olahan brokoli dapat dimasukkan dalam konsumsi sehari-hari.

Manfaat Brokoli untuk Jantung, Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol

Di baca juga  : Agen Slot terbaru 2023

Manfaat Brokoli untuk Jantung dan Mengurangi Kolesterol

  • Membantu mengontrol gula darah

Manfaat brokoli untuk jantung yang pertama dapat membantu mengontrol gula darah dengan baik. Konsumsi brokoli di anggap dapat meningkatkan gula darah. Para ahli juga menganjurkan penderita diabetes untuk sering makan brokoli.

Manfaat ini tidak lain adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada brokoli. Berdasarkan penelitian pada hewan, kandungan ini secara efektif dapat menurunkan gula darah dan mengurangi kerusakan sel. Selain itu, brokoli juga tinggi serat, yang juga di kaitkan dengan penurunan gula darah dan pengendalian diabetes yang lebih baik.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat brokoli untuk jantung juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli secara signifikan dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL jahat.

Kandungan antioksidan brokoli mampu menurunkan risiko serangan jantung secara keseluruhan. Kandungan ini juga dapat mengurangi risiko kerusakan sel dan risiko stres oksidatif pada jaringan jantung. Tak hanya itu, kandungan serat brokoli juga di kaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi Peradangan

Manfaat brokoli untuk jantung yang terakhir adalah dapat mengurangi risiko peradangan. Ada beberapa penyakit kronis yang terjadi pada sistem jantung, di pengaruhi oleh efek dari peradangan.

Dalam hal ini, brokoli mengandung berbagai senyawa bioaktif yang terbukti dapat mengurangi peradangan pada jaringan tubuh.

Seperti senyawa kaempferol, flavonoid brokoli memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat berdasarkan penelitian pada hewan dan tabung reaksi. Selain itu, penelitian kecil pada manusia terhadap perokok menemukan bahwa makan brokoli secara signifikan mengurangi penanda inflamasi.

  • Pencegah Kanker

Selain beberapa manfaat brokoli untuk jantung, sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah pentingnya, salah satunya adalah dapat membantu mencegah kanker.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa makan sayuran silangan, termasuk brokoli, dapat melindungi dari berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker payudara, prostat, lambung, usus besar, ginjal, dan kandung kemih. Namun, studi lebih lanjut di perlukan untuk mengkonfirmasi hasil ini.

  • Melancarkan pencernaan

Manfaat kesehatan lain dari brokoli adalah dapat membantu pencernaan. Brokoli tinggi serat dan antioksidan, keduanya dapat mendukung kesehatan usus dan pencernaan. Fungsi dan jumlah bakteri baik dalam usus merupakan dua komponen penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Untuk menjaga jumlah bakteri baik dan meningkatkan fungsi usus, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan antioksidan, seperti brokoli. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli secara signifikan mengurangi peradangan usus besar dan perubahan positif pada bakteri sehat di usus.

  • Meningkatkan fungsi otak

Manfaat kesehatan brokoli juga membantu meningkatkan fungsi otak. Beberapa nutrisi dan senyawa bioaktif yang terdapat dalam brokoli dapat memperlambat penurunan mental dan mendukung fungsi otak dan jaringan saraf yang sehat.

Sebuah studi terhadap 960 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa satu porsi sayuran hijau tua setiap hari, seperti brokoli, dapat membantu melawan penurunan mental yang berkaitan dengan usia.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus yang di obati dengan kaempferol, senyawa yang di temukan dalam sayuran brokoli, mengurangi kerusakan otak dan radang jaringan saraf setelah kejadian seperti stroke.

Di baca juga : Manfaat sayur hijau lain nya

Tinggalkan komentar