Simak Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya

Mengendarai motor di jalan raya perlu dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya di jalan raya terdapat banyak sekali kendaran baik kecil maupun besar yang berlalu-lalang. Sehingga pengemudi motor harus berhati-hati dalam berkendara tidak boleh sembrono.

Tidak jarang pengendara motor yang mengalami kecelakaan di jalan raya, akibat berkendara tanpa mematuhi aturan. Akibatnya menyebabkan motor jatuh di jalan raya, kemudian tertabrak oleh kendaraan lain.

Motor sendiri merupakan kendaran paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meski sudah banyak yang menggunakannya, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara berkendara yang baik. Padahal pemahaman ini sangat diperlukan, karena penting bagi keselamatan diri dan oranglain.

Untuk itu, kami akan membahas untuk Anda bagaimana cara mengendari motor di jalan raya yang baik dan benar. Dengan begitu, keselamatan bisa lebih terjaga.

Simak Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya

Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya

Selama berkendara di jalan raya, ada beberapa hal yang perlu di ketahui serta Anda pahami. Tentunya hal ini sangat penting di ketahui sebelum Anda mulai berkendara. Berikut ini tips atau caranya;

  1. Perhatian Kondisi Tubuh

Tips mengendarai motor di jalan raya yang pertama, harus memerhatikan kondisi tubuh. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat juga bugar. Tentu hal ini perlu mendapatkan perhaian lebih, karena berkendara di jalan raya itu cukup melelahkan. Apalagi berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Biasanya selama berkendara, Anda akan menjumpai situasi macet, hujan, panas, serta kondisi lainnya. Dengan kondisi tubuh yang sehat serta bugar, tentunya Anda dapat melewati kondisi tersebut dengan baik.

  1. Hitung Waktu Tempuh

Selanjutnya, perhatian waktu tempuh perjalanan. Pasalnya waktu tempuh sangat perlu untuk diperhatikan. Nah, sebelum berkendara pastikan Anda sudah mengetahui berapa lama jarak tempuh perjalanan. Dengan begitu, bisa menentukan berapa lama waktu yang di butuhkan.

Misalnya saja jarak tempuh dari rumah Anda ke kantor adalah satu jam. Sedangkan waktu masuk 07.00, maka harus sudah memulai perjalanan dari pukul 6 pagi. Hal ini bertujuan agar pengendara tidak berkendara secara buru-buru, sehingga bisa meminimalisir angka kecelakaan.

  1. Lihat Kondisi Ban

Tips mengendarai motor di jalan raya lainnya, Anda juga harus memerhatikan kondisi ban. Pasalnya kondisi ban yang kempes atau bocor, justru mengganggu kegaitan berkendara. Segera kunjungi bengkel terdekat jika ban bocor atau kempes.

  1. Lihat Kondisi Rem

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi rem. Saat ini tidak sedikit angka kecelakaan akibat rem blong atau kurang baik. Maka usahakan sebelum muali bepergian periksa kondisi rem terlebih dahulu, bahkan jadikan ini sebagai kegiatan penting dan rutin.

  1. Cek Kondisi Lampu

Tips dalam mengendarai motor di jalan raya berikutnya, cek kondisi lampu motor. Dengan menyalakan lampu saat berkendara, agar jalanan bisa terlihat dengan jelas.

  1. Lihat Bahan Bakar

Motor tidak dapat di kendarai jika tidak ada bahan bakar. Untuk itu sebelum mulai berkendara, pastikan Anda memeriksa bahan bakar motor terlebih dahulu.  Jangan sampai kendaraan mati di tengah jalan.

  1. Gunakan Alat Pengaman

Selanjutnya, agar bekendara di jalan raya lebih aman gunakan alat pengaman berkendara seperti helm, masker, jaket, sepatu, sarung tangan, serta celana panjang. Selain itu pastikan juga selalu membawa jas hujan selama berkendara.

Selain beberapa tips mengendarai motor di jalan raya di atas, pastikan Anda selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas. Kemudian berkendara dalam kecepatan sedang, jangan tergesa-gesa selama mengendarai motor.

Di baca juga : cara mengendarai mobil matic 

Tinggalkan komentar