Tips Mengatasi Motor Mogok Dijamin Berhasil

Motor mogok merupakan salah satu masalah yang di alami oleh setiap pengguna kendaraan bermotor. Kondisi seperti itu sangat mengganggu, apalagi jika sedang terburu-buru. Motor mogok di sebabkan oleh banyak faktor, seperti kehabisan bahan bakar atau masalah lain pada mesin dan sistem kelistrikan.

Jika hal di atas terjadi pada Anda, ada baiknya Anda memeriksakan sepeda motor Anda di tempat yang aman, misalnya saat berhenti di bengkel Pertamina. Selain itu, berbagai ruang nyaman tersedia di sini, seperti kedai kopi Bright Store, sembari menunggu kendaraan Anda di periksa. Anda bisa menemukan SPBU Pertamina terdekat dengan mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone Anda.

Namun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa persediaan bahan bakar Anda sebelum perjalanan untuk menghindari kemacetan. Selain kehabisan bahan bakar, kendaraan yang mogok juga bisa di sebabkan pengemudi nekad keluar dari genangan air yang tinggi, seperti banjir. Ini tidak hanya merusak mesin, tetapi juga menimbulkan banyak risiko lain yang mengancam keselamatan pribadi. Salah satunya di benamkan ke dalam lubang di selokan tertutup atau bak air.

Tips Mengatasi Motor Mogok Dijamin Berhasil

Selain membawa sepeda motor Anda ke bengkel atau bengkel, ada beberapa cara untuk mengatasi kerusakan sepeda motor sebagai berikut:

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika sepeda motor Anda mogok setelah kebanjiran adalah untuk mengecek kondisi busi Namun perlu di ingat bahwa tidak di sarankan untuk langsung menyalakan mesin, karena dapat memicu korsleting.

Siapkan saja busi dan periksa apakah busi terendam air atau tidak. Jika terlihat busi terendam air, segera keringkan dan kuras kelebihan airnya.

  • Membersihkan Filter Udara

Cara mengatasi kendaraan yang macet selanjutnya adalah dengan membersihkan filter udara. Biasanya, mesin yang terendam mengeluarkan suara ke saluran udara. Jika Anda tidak ingin melakukan lebih banyak kerusakan, bersihkan salurannya sekarang.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menutup katup saluran gas dari tangki bahan bakar ke area karburator. Kemudian tiriskan kelebihan air di area tersebut dan gunakan lagi setelah benar-benar kering.

  • Pastikan knalpot tidak terisi air

Jika mobil kebanjiran, bisa di pastikan air akan memenuhi  knalpot. Knalpot berisi air ini akan membuat motor Anda mogok di tengah jalan.

Perbaiki ini dengan memastikan bagian belakang mesin lebih rendah dari bagian depan untuk mencegah air  keluar. Lalu jangan lupa teteskan oli langsung ke stopkontak agar tidak berkarat.

  • Pengecekan kondisi oli

Kemungkinan  kendaraan  terendam air tidak hanya  di area knalpot tetapi juga di mesin. Ini karena air masuk ke mesin untuk bercampur dengan oli.

Oli yang bercampur dengan air akan menurunkan performa mesin kendaraan Anda secara drastis. Oleh karena itu, sebaiknya periksa secara rutin atau segera ganti oli untuk meminimalisir resiko kerusakan pada mesin.

  • Pengecekan kondisi kelistrikan kendaraan

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan saat kendaraan berhenti adalah memeriksa kondisi kelistrikan. Dengan kata lain, Anda harus memastikan tidak ada  kabel yang tergores untuk menghindari risiko korsleting.

Jika perlu, cukup buka badan mesin dan jemur di bawah sinar matahari. Bersihkan juga bagian kelistrikan ini dengan lap kering dan aktifkan starter kaki agar lebih aman.

Dari sejumlah tips mengatasi mesin rusak di atas, perlu di ketahui bahwa  jenis mesin ada bermacam-macam. Meski berbagi tips dan trik yang sama, alangkah baiknya untuk mengecek kondisi mobil kesayangan Anda dalam kondisi apapun. Hal ini memungkinkan mesin menjadi lebih awet tanpa kerusakan besar.

Di baca juga : Komponen Penting dalam kendaraan

Tinggalkan komentar