8 Tips Mengajar Lebih Menyenangkan, Siswa JadI Tidak Mudah Bosan

Mengetahui dan menerapkan tips mengajar menyenangkan bisa membuat kegiatan belajar jadi tidak membosankan. Anak murid bisa merasa betah, serta tidak merasakan jenuh berlebihan.

Pasalnya gaya belajar yang itu-itu saja, serta hanya menyampaikan materi saja akan terasa monoton. Anak menjadi tidak bersemangat dan sulit menyerap materi yang sedang di sampaikan. Untuk itu guru memerlukan metode tertentu agar kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan.

Sebuah penelitian menyebutkan, jika hati dalam keadaan baik atau senang bisamembuat siswa betah belajar. Sehingga menimbulkan dampak positif, seperti materi lebih mudah di terima serta keinginan belajar jadi lebih lama. Untuk itulah, mengapa Anda harus mengetahui tips mengajar menyenangkan.

Tips Mengajar Lebih Menyenangkan, Siswa JadI Tidak Mudah Bosan

Tips Mengajar Menyenangkan

Dengan menerapkan tips ini, di harapkan para guru dapat memberikan suasana belajar lebih baik dan menyenangkan. Bahkan bisa membuat para siswa ingin menambah waktu belajar tersebut. Lalu, apa saja tips yang bisa di lakukan? Berikut ini kami paparkan untuk Anda.

  1. Menemukan Hal Baru Bersama

Tips mengajar menyenangkan yang pertama, adalah menemukan hal baru secara bersama-sama. Melalui tips ini guru tidak memberikan informasi kepada siswa, melainkan mengajak siswa untuk mencari informasi tersebut secara bersama-sama. Kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena melibatkan siswa dan melibatkan interaksi dengan para siswa.

  1. Buat Siswa Merasa Penasaran

Yang kedua, guru harus membuat siswa merasa penasaran. Melalui cara ini, Anda di haruskan untuk membahas hal aneh, unik, atau hal yang tidak biasa. Untuk memulainya, lontarkan pertanyaan pada siswa terlebih dahulu kemudian biarkan siswa untuk bekerjasama mendapatkan jawaban tersebut.

  1. Menunjukkan Rasa Peduli

Tips mengajar menyenangkan lainnya, dengan cara menunjukkan rasa peduli kepada para siswa. Dengan ikatan batin ini, bisa membuat suasa belajar jadi lebih menyenagkan.

Usahkan untuk membuat para siswa tertawa, karena sebuah penelitian menyebutkan membuat mereka tertawa atau senang bisa menunjukkan rasa peduli pada siswa.

Biasanya, siswa juga menyukai guru yang penyang juga perhatian pada setiap muridnya. Usahakan untuk bersikap adil pada seluruh siswa tanpa membedakan.

  1. Melibatkan Siswa dalam Proyek

Hal bisa di lakukan membuat suasan belajar menyenangkan, libatkan siswa dalam pembuatan proyek. Buat Siswa menyelesaikan proyek tersebut, sehingga bisa mulai belajar mengasah kemampuan dan menambah pengetahuan melalui pengalaman.

  1. Hindari Sikap Monoton

Kegiatan belajar yang hanya menyampaikan informasi terus menerus, membuat proses menuntut ilmu jadi lebih monoton bahkan membosankan.

Kemudian sikap guru menyampaikan materi sama pada murid berbeda juga bisa menimbulkan sikap monoton. Untuk mengatasinya guru dapat mencoba metode baru dan mau mengambil resiko.

  1. Bercakap-cakap

Tips mengajar menyenangkan selanjutnya, dengan mengubah pembelajaran dengan percakapan. Yakni sesekali untuk memposisikan mereka sebagai teman dan ajak mengobrol. Melalui metode ini guru dan siswa dapat bertukar gagasan atau ide. Sehingga guru tidak hanya memberi tanggapan melainkan dapay tanggapan.

  1. Memahami Siswa

Guru harus memahami, bahwa siswa tidak hanya belajar satu pelajaran saja. Melainkan berbagai mata pelajaran setiap harinya. Untuk itu usahakan agar guru tidak terlalu menekan siswa supaya bisa mehamai materi yang guru sampaikan saat itu juga. Tapi berilah ruang atau waktu bagi mereka untuk memahaminya lebih dalam.

  1. Sesekali Memposisikan Diri Sebagai Siswa

Seorang guru juga harus memposisikan diri sebagai siswa. Cobalah sesekali duduk di samping siswa lainnya, dan latih siswa untuk berbicara di depan kelas. Luangkan waktu ini selama satu minggu dan biarkan siswa lainnya menilai.

Dengan menerapkan beberapa tips mengejar menyenangkan ini, siswa bisa lebih merasa nyaman dan dapat memahami materi di sampikan dengan baik.

Di baca juga : Cara Belajar Efektif, Belajar Lebih Teratur

Tinggalkan komentar