Makanan Tidak Sehat? Berikut Ini Contohnya

Makanan tidak sehat seringkali menjadi bahan perbincangan. Pasalnya jika tidak menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan tidak sehat, bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Sebab jenis maknan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, mengandung gizi tidak seimbang, serta mengandung sedikit serat dan zat.

Bahkan kandungan dalam makanan ini bisa dikatakan berbahaya bagi tubuh. Tapi jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, tidak akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Apabila sudah terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat ini, bisa meningkatkan resiko berbagai penyaki tubuh. Kemudian menghambat tumbuh berkembang dengan bai, menurunkan kecerdasan otak, juga mengurangi fungsi gerak tubuh, parahnya dapat menimbulan kematian.

Untuk itu, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud serta contoh dari makanan tidak sehat supaya bisa menghindarinya.

Makanan Tidak Sehat? Berikut Ini Contohnya

Contoh Makanan Tidak Sehat

Karena tidak dapat memberrikan dampak yang baik bagi tubuh, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui jenis makanan yang di kelompokanan dalam makanan tidak baik. Ada beberapa jenisnya, berikut ini daftarnya.

  1. Gorengan

Pasti sudah tidak asing lagi drngan makanan satu ini. Karena makanan ini mudah di temukan di berbagai tempat, bisa mengganjal perut kosong, serta harganya yang tergolong murah membuat banyak orang memilih makanan satu ini. Padahal tergolong sebagai makanan tidak sehat.

Karena di dalamnya mengandung kalori yang tinggi. Begitu juga dengan kandungan oksidan serta lemak di dalamnya. Apabila Anda mengonsumsi  gorengan terlalu sering dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Seringkali gorengan menjadi salah satu makanan yang menyebabkan hyperlimedia, jantung koroner serta obesitas.

  1. Makanan Asinan

Makanan tidak sehat lainnya adalah asinan. Hal ini karena asinan mengandung kadar garam yang tinggi. Karena dalam proses pembuatannya  membutuhkan garam adlam jumlah yang banyak. Makanan yang memiliki kandungan garam melebih batas normal, dapat menambha beban bagi organ tubuh (ginjal, selaput lendir, usus juga lambung). Sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit darah tinggi atau hipertensi.

  1. Makanan Kalengan

Makanan tidak sehat selanjutnya, adalah makanan kalengan. Orang-orang banyak mengonsumis makanan ini, karena mudah di makan dan terlihat menarik.

Tapi, kandungan gizi di dalamnya tidak memadai karena sudah di bungkus dalam kemasan kaleng jadi tidak segar lagi. Kandungan protein serta vitamin dalam makanan kaleng kebanyakan sudah rusak akibat proses pengemasan tersebut.

  1. Jeroan dan Daging Berlemak

Selanjutnya adalah daging berlemak serta jeroan. Keduanya memang memiliki kandungan protein yynag banyak. Begitu juga kandungan mineral dan vitamin.

Tapi karena adanya kolestrol,serta lemak jenuh di dalam jumlah yang tinggi membuat makanan ini menjadi tiddak baik. Bahkan jjka mengonsumsinya dalam jumlah yang besar, dapat menimbulkan penyakit kanker usus besar, jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Daging Olahan

Makanan tidak sehat lainnya adalah daging olahan. Hal ini karena saat proses pengolhan, daging tersebut memiliki tambahan bahan pengawet juga perwarna. Biasannya daging olahan mengandung amonium nitrit, yakni salah satu penyebab penyakit kanker.

Jika Anda mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak, membuat tekanan darah menjadi tidak stabil serta membuat ginjal bisa terganggu. Oleh sebab itu, di anjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah pas serta tidak terlalu sering.

Dengan memerhatikan asupan makanan tetap baik, maka kesehatan tubuh juga bisa terjaga dengan baik dan tetap kuat. Pastikan Anda menghindari makanan tidak sehat dan mengonsumsi daging segar, buah, sayur, susu, dan makanan lainnya.

Di baca juga : informasi kesehatan lain nya

Tinggalkan komentar