Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Makanan harus di hindari ibu hamil, perlu di ketahui agar sang ibu dapat menjaga kesehatan diri serta kandungannya. Sebab, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan di konsumsi. Jika salah memilih maknaan, alih-alih membuat sehat, malah membahayak ibu dan janin.

Ibu harus memilih maknan yang mengandung nutrsi di butuhkan oleh tubuh ketika hamil, agar janinnya tetap sehat. Ada sejumlah maknanan yang perlu di hindari ibu hamil. Meski sebenarnya, ibu hamil di anjurkan untuk mengonsumsi berbagai maknan tapi ada beberapa yang di larang.

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Melalui artikel ini, kami akan membahas makanan harus di hindari oleh ibu hamil. Agar ibu dapat memerhatikan asupan makanannya.

Makanan yang Harus Di hindari Ibu Hamil

Meskipun di anjurkan mnegonusmsi banyak makanan, ibu hamil di larang memakan beberapa makanan. Bukan tanpa alasan, hal ini karena kandungan dalam makanan tersebut dapat membahayakan tubuh dan janin. Berikut ini daftar maknan harus di hindari oleh ibu hamil:

  1. Susu atau Keju Tanpa Pasteurisasi

Makanan harus di hindari ibu hamil yang pertama adalah susu atau keju belum di pasteurisasi. Yakini, merupakan proses pemasan dan berfungsi untuk membunuh bakteri dalam minuman atau makanan tanpa merusk kandungna nutrisi di dalamnya.

Untuk itulah mengapa ibu hamil di larang untuk mengonsumsi susu atu keju tanpa melawati proses ini. Karena bisa saja susu tersebut memiliki bakteri dan membahayakan si kecil dalam janin.

  1. Makanan Laut dengan Merkuri Tinggi

Makanan harus di hindari ibu hamil lainnya, adalah makanan laut yang mengandung merkutri tinggi. Seperti ikan hiu, tenggiri, tuna, ikan todak, dan kerang merupakan beberapa hewan laut yang menagandung merkuri tinggi.

Apabila di konsumsi secar berlebihan, bisa menyebabkan gangguan syaraf pada sanga ibu, gangguan ginjal, serta gangguan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya otii, akibat merkuri tersebut janin bisa mengalami kecacatan juga gangguan pertumbuhan. Apabila bumil ingin mengonsuminya, pastikan dengan porsi 300 gr atau 2 porsi perminggunya.

  1. Ikan Mentah

Sebagian orang senang mengonsumi ikan mentah seperti sushi. Sebaiknya ketika hamil, hindari makanan tersebut. Pasalnya dengan mengonsumsi kerang, ikan mentah, atau kurang matang dapat meningkatkan resiko bumil alami infeksi. Jika ingin terus mengonsumsinya, makanan tersebut harus di masak secara matang.

  1. Sayur dan Buah Tidak Di cuci

Makanan membahaykan lainnya, jika mengonsumsi buah dan sayur tapi tidak di cuci. Pastikan untuk selalu membaasuh sayur serta buah sebelum mengonsumsinya.

Jika tidak, kuman serta parasit dapat menimbulkan infeksi pada tubuh. Salah atunya adalah parasit Toxoplasma. Parasit bisa menyebabkan gangguan pada otak janin dan kebutaan.

  1. Jeroan

Tidak jarang ibu hamil yang menyukai jeroan. Sebenarnya jeroan memiliki kandungan nutrisi yang baik, hanya  saja ibu tidak boleh mnegonsumsinya secara sembarangan. Jeroan hanya boleh di konsumsi hanya satu kali dalam seminggu. Karena jika mengonsumsinya terlalu banyak, dapat menyebabkan gangguan hati pada bumil

  1. Telur Mentah

Makanan harus di hindari ibu hamil selanjutnya adalah telur mentah. Tidak hanya telur mentah, ini juga termasuk makanan yang di buat dari telr mentah seperti mayones. Karena meningkatkan resiko terkontaminasi oleh jenis bakteri salmonela.

Jenis bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, dengan membuat ibu hamil demam, diare, muntah-muntah, juga alami kram perut. Dalam beberapa kasus, kram perut ini bisa mneyebabkan kelahiran bayi prematur.

Untuk itu ibu hamil menjaga pola makan dengan menerapkan makanan harus di hindari ibu hamil. Karena sembarangan mengonsumsi makanan dapat membuat kesehatan ibu dan bayi menurun

Di baca juga : Makanan tidak sehat lain nya 

Tinggalkan komentar