Cara Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula

Cara mengendarai mobil matic sangat perlu di ketahui bagi Anda yang baru saja atau akan membeli mobil matic. Dengan begitu, langkah-langkah mengendari bisa di kuasai dengan mudah. Berbeda dengan mobil kopling, jenis kendaraan roda empat ini lebih mudah di gunakan.

Menyetir mobil sendiri, merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi penuh. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan koordinasi visual motorik yang baik. Hal ini karena menyetir membutuhkan konsentrasi pada jalanan dan lalulintasnya, serta megatur kemudi dan lainnya secara bersamaan.

Jadi sangat memerlukan konsentrasi yang baik. Untuk mobil matic sendiri, ada beberapa kelebihan atau fakta bisa di rasakan oleh pengemudinya. Misalnya jika mesin mati di tengah jalan, mobil tetap diam. Kemudian juga berbeda dengan mobil manual biasanya akan meloncat, saat mengganti tuasnya ke netral.

Mobil matic juga tidak mundur, ketika berhenti di tanjakkan. Dan masih banyak keunggulan lainnya. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil matic.

Begini Cara Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula

Langkah atau Cara Mengendarai Mobil Matic

Untungnya, mengendarai mobil matic tidak akan sesulit mobil manual. Karena konsentrasi menyetir karena hanya cukup memerhatikan monitor di bawah kemudi. Nah, untuk cara mengendarainya dengan benar, simak tahapannya di bawah ini.

  1. Posisikan Tuas Dengan Benar

Langkah pertama sebagai cara mengendarai mobil matic bagi pemula, adalah memposisikan tuas kemudi berada pada posisi yang benar. Posisikan Tuas pada posisi P atau N sebelum menyalakan mobil.

Sebelum di hidupkan, pastikan tuas tersebut tidak berada pada posisi Reverse atau R. Karena berarti posisi ini mundur dan mobil matic hanya bisa di hidupkan, ketika posisi tuas di P atau N.

  1. Jangan Langsung Meghidupkan Mesin

Saat Anda memasukkan kunci pada lubang, pastikan jangan menyalakan mesin secara langsung. Tunggi sampai jarum berputar serta indikator suda aktif atau menyala.

Biasanya mobil matic yang kelistrikanya sudah menyala, akan memberikan tanda atau suara. Nah, jika semuanya sudah aktif maka Anda bisa menyalakan mobil tersebut.

  1. Injak Rem Ketika Starter dan Memindahkan Tuas

Cara mengendarai mobil matic selanjutnya, nyalakan mesin mobil dengan menkan pedal rem. Tapi tidak semua mobil matic membutuhkannya. Setelah menyalkan mesin mobil Anda harus memindahkan tuas yang awalnya ada di posisi N atau P, pindahkan ke R atau D.

Tapi, ketika melakukan hal tersebut harus di barengi dengan menekan pedal rem. Hal ini berguna untik mencegah terjadinya kerusakan mesin mobil matic.

  1. Mengetahui Fungsi Tuas Transmisi

Langkah selanjutnya, Anda harus memahami tuas transmisi. Karena ini merupakan salah satu komponen yang paling penting. Umumnya transimis ini terdiri dari P, N, R, D dan M. Pastikan Anda memahmi huruf-huruf tersebut sehingga saa berkendara bisa lebih aman.

  1. Gunakan Mode Berkendara

Cara mengendarai mobil matic selanjutnya, adalah hidupkan mode berkendara. Karena mobil matic biasanya sudah memiliki riding mode.

Anda bisa menerapakan salah satu modenya, yakni mode ekonomis. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai. Jika ingin berkendara dalam kecepatan tinggi, gunakan mode sport.

  1. Gunakan Transmisi Manual

Cara mengendarai mobil matic  yang terakhir, adalah menggunakan transmisi manual. Cara penggunaannya lebih mudah, tidak perlu melakukan pindah gigi atau menginjak kopling.

Dengan memerhatikan setiap langkah di atas. Anda dapat mengendarai mobil automatic secara mudah. Pastikan untul memahami cara mengendarai mobil automatic di atas. Dan jangan lupa untuk mempraktekkannya secara langsung.

Di baca juga : berita seputar otomotif lain nya

Tinggalkan komentar