Pentingnya Pendidikan Moral dan Etika Bagi Generasi Milenial

Dengan adanya pendidikan moral masyarakat sangat erat kaitannya dengan kemajuan bangsa. Karena ketika suatu bangsa terdiri dari orang-orang yang berakhlak baik, maka seluruh aspek kehidupan bangsa juga baik. Oleh karena itu, pendidikan akhlak sangat penting, terutama bagi generasi muda.

Kita harus mengetahui bahwa suatu bangsa atau negara sangat mempengaruhi tingkah laku moral  masyarakatnya. Suatu bangsa atau negara dapat di katakan lemah jika perilaku masyarakatnya tidak di landasi moral dalam setiap perilakunya.

Oleh karena itu, masyarakat sebuah bangsa dan negara harus senantiasa mengikuti perilaku moral. Yaitu, beberapa pengaruh dan pengaruh buruk yang dapat merusak nilai dari semua kebijaksanaan kita. Tidak lain adalah terciptanya suatu bangsa dan negara yang kuat dan tidak lemah di mata dunia.

Apalagi di era globalisasi ini yang semakin memudahkan setiap orang untuk beraktivitas seperti kemudahan teknologi, informasi dan komunikasi. Banyak saluran media, seperti televisi dan Internet, memberikan informasi instan tentang peristiwa apapun yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Namun janganlah kita semua diam saja tentang berbagai kenyamanan dan kemudahan yang tercipta. Bisa jadi segala sesuatu yang kita dapatkan dengan mudah dan seketika itu  secara tidak langsung merusak akhlak kita. Alangkah baiknya kita semua yang ada di sini lebih pintar dalam menentukan pilihan yang bisa di manfaatkan untuk tujuan yang baik.

Di baca juga : Agen Slot terbaru 2023

Pentingnya Pendidikan Moral dan Etika Bagi Generasi Milenial

Alasan Pentingnya Pendidikan Moral Di bandingkan Akademik

Dunia pendidikan berperan penting dalam menghasilkan benih-benih generasi muda yang lebih baik dan sukses. Tidak hanya secara nasional, tetapi juga kancah internasional. Menciptakan benih muda yang lebih baik juga membutuhkan banyak proses, waktu dan perjuangan. Oleh karena itu, konsep pengajaran yang di terapkan kepada siswa juga harus akurat sejak awal. Selain pendidikan akademik, pendidikan akhlak yang baik juga harus di perkenalkan untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berakhlak mulia. Tidak heran  pendidikan moral terkadang lebih penting daripada pendidikan akademik. Mengapa? Ini sebabnya.

  1. Pendidikan moral menghasilkan generasi muda yang berakhlak budi pekerti atau sopan santun

Ada pepatah yang mengatakan bahwa semakin penuh nasi, semakin merunduk. Artinya orang yang sadar bahkan tidak sombong atau sombong, mereka menjadi orang yang lebih rendah hati dan terhormat. Kualitas ini tentu sangat mulia dan harus menjadi milik generasi muda. Kekasaran dan keserakahan hanya menggerogoti ilmu yang di dapat selama ini. Dengan mengedepankan nilai-nilai moral yang baik, maka terciptalah pribadi yang selalu menghargai setiap orang di manapun dia berada.

  1. Mewujudkan generasi muda yang berkompeten atau berkualitas

Kualitas dari anak bangsa tidak hanya di lihat dari seberapa besar nilai yang mereka terima dari rakyatnya. Tapi Anda juga bisa melihat betapa sopannya dia berperilaku dengan orang lain. Hal ini terlihat pada tutur kata, tingkah laku, pemilihan kata dan bahasa tubuh saat bertemu dengan lansia.

Benih muda yang berkualitas adalah mereka yang mengerti bahwa dirinya harus selalu  santun kepada orang lain. Tidak ada keinginan untuk menyakiti apalagi berbuah yang tidak bermanfaat bagi orang lain.

  1. Inisiatif berbuat baik

Berbuat baik itu terkadang tidak mudah. Banyak orang berpikir dua kali tentang amal. Namun, orang yang menginginkan bantuan hanya membutuhkan bantuan pada saat-saat tertentu saja. Dengan mendorong akhlak yang baik,  memicu  inisiatif pada generasi muda. Oleh karena itu, mereka  selalu ingin berbuat baik di manapun dan kapanpun. Jika ada  yang membutuhkan bantuan, ia tidak segan-segan untuk segera membantu.

  1. Dapat menjadi suri tauladan bagi orang lain

Sifat-sifat baik ini menular pula kepada orang lain. Siapa pun yang memiliki sikap  baik dapat menyebarkannya kepada orang lain. Kalau kita berbuat baik pada lingkungan, pasti ada orang yang melihatnya. Ini memberi mereka contoh tindakan positif yang dapat di ambil untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dari sebelumnya.

Di baca juga : Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Tinggalkan komentar